Ini Berbagai Alasan Kenapa Anda Perlu Waspada dengan Penyebaran Virus Corona

0
39
corona

Sejak akhir tahun 2019 hingga awal tahun 2020, dunia sedang disibukkan dengan kehadiran virus corona atau coronavirus. Muncul pertama kali di kota Wuhan, China, virus ini memang sangat cepat dan mudah penyebarannya. Sehingga tidak heran jika hampir seluruh negara di dunia terkena dampak penyebarannya, termasuk juga negara Indonesia. Adanya coronavirus di berbagai belahan dunia membuat perlu menjadi perhatian agar lebih waspada dan tidak menganggap remeh.

Menurut informasi dari berbagai sumber, virus penyebab penyakit COVID-19 (corona virus disease 2109) ini awal mulanya ditularkan dari hewan ke manusia. Namun selanjutnya seperti yang sudah terjadi saat ini, virus ini juga bisa ditularkan dari manusia ke manusia. Cara penularannya terbilang sangat mudah, dimana bisa terjadi melalui percikan atau tetesan air yang keluar dari mulut atau hidung penderita corona dan mengenai individu lain yang sehat. Selain itu, juga bisa menular melalui permukaan benda yang sudah terkena percikan atau tetesan air yang keluar dari mulut atau hidung penderita corona dan tersentuh oleh orang lain secara tidak sengaja.

Karena hal inilah juga, untuk mencegah penyebaran virus corona semakin meluas perlu melakukan social distancing atau jaga jarak, menggunakan masker, sering-sering cuci tangan dengan air dan sabun, dll. Berbagai upaya pencegahan ini mesti kita lakukan dengan sungguh-sungguh karena bahaya dari coronavirus yang tidak bisa dianggap remeh. Anda perlu waspada dengan penyebaran coronavirus lantaran berbagai hal berikut ini:

corona
  1. Infeksi coronavirus atau COVID-19 bisa menimbulkan berbagai komplikasi penyakit hingga kematian.

Gejala yang timbul pada mereka yang terinfeksi corona cukup bervariasi, mulai dari gejala ringan, sedang, hingga berat. Untuk kasus infeksi dengan gejala berat tak jarang menimbulkan komplikasi yang harus diwaspadai. Komplikasi utama yang terjadi umumnya berupa gangguan saluran pernapasan, seperti pneumonia, gagal pernapasan akut, hingga ARDS.

  1. Beberapa kelompok tertentu ada yang beresiko tinggi terkena COVID-19.

Virus yang ditengarai bisa menyerang sistem pernapasan manusia ini memang dikatakan bisa menginfeksi siapa saja dari berbagai kalangan usia dan jenis kelamin. Namun meskipun begitu, resiko besar untuk terinfeksi virus ini terutama bagi mereka yang berusia 65 tahun ke atas, serta pada mereka yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti menderita paru-paru kronis, penderita jantung, seseorang dengan kondisi imun lemah, penderita diabetes, mengalami obesitas, penderita gagal ginjal kronis, dan seseorang dengan gangguan hati.

  1. Penularan virus yang cenderung lebih mudah terjadi.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, penularan terjadi dengan mudah jika terkena paparan percikan atau tetesan air dari penderita COVID-19 ketika batuk, bersin, atau berbicara. Juga dari benda-benda yang sudah terkontaminasi percikan air dari penderita COVID-19 dan tersentuh oleh individu lain. Karena itu, maka penting untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak setidaknya satu meter, dan rajin-rajin mencuci tangan dengan air dan sabun.

  1. Belum ada vaksin yang bisa digunakan untuk menangani penyakit COVID-19.

Hingga saat ini masih dilakukan penelitian dan uji coba vaksin yang bisa menangani coronavirus. Oleh karena itu, upaya efektif yang bisa kita lakukan sekarang adalah mencegah penularannya sebisa mungkin. Untuk infolebih detail cara pencegahan corona, bisa mengunjungi situs atau aplikasi Halodoc.

  1. Tidak bergejala, namun sudah bisa menular ke individu lain.

Yang mengkhawatirkan dari virus corona saat ini adalah kemampuannya yang bisa menular ke orang lain dengan kondisi si penular yang seakan sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda menderita COVID-19. Hal ini lantaran ketika virus masuk dan menginfeksi tubuh penderita, ada masa inkubasi selama 14 hari, baru akan muncul gejala-gejala yang menjadi indikasi terkena COVID-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here