melakukan hair extension
hair extension

orificeworld.com, Melakukan hair extension bisa jadi solusi untuk para wanita yang mendambakan rambut panjang dan bervolume. Kini sangat banyak fasilitas yang bisa mengubah penampilan hanya dalam waktu sekejap.

Misalnya saja extension pada rambut atau bulu mata yang bisa membuat rambut atau bulu mata seseorang bertambah panjang atau tebal hanya dalam hitungan jam.

Banyak wanita-wanita yang sudah mulai mencobanya disaat mereka memang membutuhkan rambut panjang dalam waktu singkat. Adapun bagi anda yang mulai tertarik melakukannya. Ketahuilah informasi penting mengenai rambut sambung.

Konsultasi Sebelum Melakukan Hair Extension

Hal pertama adalah melakukan konsultasi sebelum melakukan sambung rambut. Lakukanlah konsultasi dengan ahlinya, karena mereka akan memberikan masukan tentang jenis hair extension manakah yang sesuai dengan rambut, karakter, aktivitas, dan hal-hal lain yang dirasa akan mempengaruhi.

Macam-macam Hair Extension

Anda juga akan diberitahu plus dan minus dari masing-masing jenisnya, beserta cara untuk merawatnya. Dengan begitu, anda tidak akan memilih rambut sambung yang tidak cocok atau sesuai dengan anda sehingga akan merepotkan.

Cukup banyak jenis rambut sambung yang kini telah tersedia. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

1. Hair Extension Fusion

hair extension fusion
hair extension fusion

Untuk jenis yang satu ini bisa diterapkan jika rambut anda memiliki karakter sehat dan normal. Caranya yaitu cukup dengan menyatukan helai rambut asli dengan rambut tambahan atau imitasi dengan keratin.

Prosesnya sekitar 4 -5 jam namun dapat bertahan hingga 3 sampai 5 bulan. Untuk melepaskannya sendiri, dengan cara sambungan keratin tersebut dikristalisasikan sehingga tidak merusak rambut.

2. Hair Extension Perekat

hair extension perekat
hair extension perekat

Jenis ini paling banyak dipilih karena menyambung rambut dengan perekat lebih mudah diaplikasikan dan fleksibel. Sehingga dapat dicopot sewaktu-waktu yang diinginkan. Produk rambut sambung yang bagus biasanya memiliki perekat bolak balik yang memenuhi standar medis jadi lebih aman saat digunakan.

Memakainya pun cukup cepat, yaitu sekitar 1 jam saja. Untuk jenis ini, disarankan anda melepas dan memasangnya lagi setiap 6 minggu sekali seiring dengan tumbuhnya rambut asli. Keuntungan dari jenis ini adalah dapat digunakan hingga 3 kali.

3. Hair Extension Silinder

hair extension silinder
hair extension silinder

Jenis ini dipasang dengan menggunakan alat khusus berukuran kecil semacam manik-manik yang terbuat dari logam. Memerlukan dilakukan servis pada setiap 6 minggu sekali dan dapat dipakai kembali. Cukup dengan mengganti manik-manik logamnya saja untuk bisa menyambungkannya kembali.

Siapa Saja yang Boleh Menggunakan Hair Extension?

Memasang rambut extension ini tidak ada aturan, siapa saja bisa menggunakannya. Wanita karir, ibu rumah tangga, bahkan atlit sekalipun juga bisa memakainya. Hanya saja rambut sambung perlu dirawat dengan baik dan cara khusus.

Cara Merawat Hair Extension

Sangat disarankan agar anda memilih produk yang digunakan oleh para profesional karena biasanya tidak mengandung sodium chloride, sulfat, dan protein yang bisa menyebabkannya cepat rusak.

Perhatikanlah cara merawat rambut sambung yang baik dilakukan dan hindari hal-hal yang dapat merusak.

1. Saat Beraktivitas

Pada saat berolahraga, sebaiknya lakuakan menguncir rambut dengan rendah saja. Jangan menguncir terlalu tinggi agar tidak mudah kusut dan tertarik. Demikian pula saat tidur, lakukan kepang renggang pada rambut anda untuk mencegahnya kusut. Ikat atau kepang dengan renggang atau kendur.

2. Teknik Menyisir

Jika menggunakan rambut sambung sisirlah rambut pada bagian bawah terlebih dahulu saja. Sisirlah bagian atas dengan sikat sasak hingga 2 cm sebelum sambungan, lalu barulah sisir bagian sambungan dengan sisir biasa.

3. Simpan Hair Clip Jika Tidak Digunakan

Lalu untuk rambut sambung tipe hair clip. Ketika tidak sedang digunakan ada baiknya simpanlah dengan rapi yaitu dengan cara digulung menggunakan kertas, atau disimpan dalam kantong plastik per helai.

Cara Keramas Hair Extension yang Tepat

Saat melakukan keramas pada rambut sambung perhatikan cara yang juga tepat. Tidak boleh keramas dengan cara sembarangan.

1. Jangan Keramas Setiap Hari

Tidak disarankan untuk mengeramaskan rambut setiap hari. Idealnya, disarankan keramas secara teratur, yaitu selama 3 kali seminggu dengan sampo yang berbahan ringan. Lakukanlah keramas dengan berhati-hati.

2. Jangan Menggunakan Air Panas

Hal itu bisa merusak lem dari rambut sambungan. Sambungan rambut akan lebih mudah rapuh dan terlepas.

3. Keramaslah Dengan Benar dan Hati-hati

Lalu saat keramas bagian kepala harus tegak ke atas. Gerakan jaripun hanya boleh digerakan secara vertikal atau horizontal dengan tidak terlalu renggang dan tidak terlalu keras.

4. Cara Menggunakan Kondisioner

Saat menggunakan kondisioner, oleskan pada ujung rambut. Jangan dioleskan pada bagian atas atau sambungan rambut.

5. Cara Mengeringkan Rambut

Langkah terakhir adalah saat mengeringkan rambut. Hindari penggunaan hair dryer. Biarkanlah saja rambut anda kering secara alami. Penggunaan hair dryer bisa membuat lem pada rambut sambung juga menjadi tak kuat dan akan lebih mudah lepas.

Apa sih yang tidak boleh di lakukan saat menggunakan Hair Extension?

Adapun hal-hal yang tidak boleh dilakukan ketika menggunakan sambungan rambut adalah sebagai berikut :

1. Lupa mencopot hair clip saat tertidur atau saat keramas

Hal itu akan membuat rambut sambung menjadi cepat kusut dan rusak.

2. Menggunakan extension bekas pakai.

Extension diciptakan untuk digunakan sekali pakai saja ya teman-teman. Jika digunakan kembali maka kondisinya dipastikan tidak layak dan  menjadi mudah kusut.

3. Mencatok pada bagian rambut sambungan yang terdapat lem atau ringnya.

Jika rambut sambung dicatok pada bagian lem atau ring tentu akan membuatnya lebih mudah rusak, lepas dan tidak awet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here